REGISTRASI MITRA BEBASBAYAR
» » » Inilah 11 Pondok Pesantren Terbaik dan Favorit di Jawa Timur

Inilah 11 Pondok Pesantren Terbaik dan Favorit di Jawa Timur

Penulis By on Saturday, January 07, 2017 | No comments

Bacalah.Info - Sebagai lembaga yang berusaha mendidik dengan keikhlasan, maka memiliki tujuan mengembangkan karakter santrinya agar menjadi umat yang bersyukur dan pantang menyerah. Keluarga yang sakinah mawadah wa rohmah tentunya melakukan sebaik mungkin untuk mendidik anak mereka tentang kehidupan dan ilmu dasar tentang ketuhanan. Berikut ini adalah 11 pondok pesantren terbaik dan favorit di Jatim:

1. Pondok Pesantren Sidogiri – Pasuruan

Pondok pesantren terbaik dan favorit di Jatim yang pertama adalah Ponpes Sidogiri yang didirikan pada tahun 1718 atau 1745 oleh Sayyid Sulaiman. Beliau adalah putra pertama pasangan Sayid Abdurrahman bin Umar ba Syaiban dan Syarifah Khadijah, cucu Sunan Gunung Jati. Meskipun menggunakan sistem salaf dan tidak mendirikan pendidikan sekolah formal, tetapi Sidogiri banyak menghasilkan lulusan yang mumpuni. Madrasahnya pun telah mendapat status muadalah (persamaan). Sehingga ijazah aliyah bisa digunakan untuk kuliah.

Selain merupakan pondok pesantren tertua di Indonesia, perkembangan pesantren sidogiri yang sangat cepat, baik sisi pendidikan maupun perekonomian. Sayap bisnis para alumni Sidogiri dikembangkan lewat BMT MMU (Maslahah Mursalah lil Ummah) yang fokus pada pemberdayaan guru, BMT UGT (Usaha Gabungan Terpadu) yang melayani jasa keuangan syariah secara umum. Sedangkan usaha milik Ponpes Sidogiri adalah toko basmalah. Sangat layak menjadi pertimbangan untuk memilihnya sebagai tempat pendidikan anak-anak Anda.

http://sidogiri.net/

2. Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah – Situbondo

Pondok pesantren Salafiyah Syafiiyah berdiri pada tahun 1328 H/1908 M. Berlokasi di Sukorejo, Situbondo. Dalam upaya mewujudkan pendidikan terbaik sesuai kebutuhan zaman, berbagai lembaga pendidikan kejuruan dan keahlian pun didirikan, seperti Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), Lembaga Kader Ahli Fiqh Ma’had Aly dan Madrasatul Qur’an sebagai lembaga kajian dan pendalaman ilmu-ilmu Al Qur’an. Termasuk lembaga ekonomi Koperasi. Lembaga-lembaga informal seperti kursus dan pelatihan juga turut mewarnai perkembangannya.

http://sukorejo.com/

3. Pondok Modern Darussalam Gontor – Ponorogo


Pondok pesantren Darussalam Gontor didirikan pada 20 September 1926/ 12 Rabi’ul Awwal 1345. Memiliki visi sebagai lembaga pendidikan pencetak kader-kader pemimpin umat, menjadi tempat ibadah talab al-’ilmi; dan menjadi sumber pengetahuan Islam, bahasa al-Qur’an, dan ilmu pengetahuan umum, dengan tetap berjiwa pesantren. Lokasinya terletak lebih kurang 3 km sebelah timur Tegalsari dan 11 km ke arah tenggara dari kota Ponorogo.

Gontor merupakan salah satu pondok pesantren terbaik yang memiliki Institut Studi Islam Darussalam (ISID). Saat ini ISID memiliki tiga Fakultas: Fakultas Tarbiyah dengan jurusan Pendidikan Agama Islam dan Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Ushuluddin dengan jurusan Perbandingan Agama, dan Akidah dan Filsafat, dan Fakultas Syariah dengan jurusan Perbandingan Madzhab dan Hukum, dan jurusan Manajemen Lembaga Keuangan Islam.

http://www.gontor.ac.id/

4. Pondok Pesantren Langitan – Tuban

Pondok Pesantren Langitan berdiri pada tahun 1852 M, di Dusun Mandungan Desa Widang Kecamatan Widang Kabupaten Tuban Jawa Timur. Komplek Pondok Pesantren Langitan terletak di samping Bengawan Solo dan berada di atas areal tanah seluas kurang lebih 7 hektar serta pada ketinggian kira-kira tujuh meter di atas permukaan laut. Pesantren ini dalam kurun waktu yang cukup panjang, telah menerapkan beberapa methode pendidikan dan pengajaran dalam sistem klasikal (madrasiyah) dan non klasikal (ma’hadiyah).

http://langitan.net/

5. Pondok Pesantren Darul Ulum – Jombang

Pondok Pesantren Darul Ulum didirikan antara tahun 1885-1937 M. Sebagai salah satu wadah pendidikan terbaik, Darul Ulum sejak didirikannya telah ditanamkan beberapa kriteria dasar tentang tujuan dan dasar didirikannya. Dasar amaliyah sebagai lembaga sosialisasi nilai agama adalah sunnah wal jamaah. Secara bahasa Darul berarti Gudang sedangkan ‘Ulum, jamak dari ilmu yang berarti ilmu-ilmu, sehingga secara garis besar Darul ‘Ulum memiliki arti “Gudangnya Ilmu-ilmu”, yang filosofinya tampak jelas dalam nama pondok pesantren tersebut.

http://ponpesdarululum.id/

6. Pondok Pesantren Lirboyo – Kediri

Pondok pesantren terbaik di Jawa Timur berikutnya adalah Lirboyo. Awal mula berdiri Pondok Pesantren Lirboyo berkaitan erat dengan kepindahan dan menetapnya KH Abdul Karim ke desa Lirboyo tahun 1910 M. Sebagai Pusat pendidikan Islam, Pondok Pesantren Lirboyo mencetak generasi bangsa yang cerdas ruhaniyah, juga smart-intelektual, mumpuni dalam keberagaman bidang, juga keberagamaan Islam yang otentik. Pondok Pesantren Lirboyo memadukan antara tradisi yang mampu mengisi kemodernitasan dan terbukti telah melahirkan banyak tokoh-tokoh yang shalih dan shalihah.

http://www.lirboyo.net/

7. Pesantren Ilmu Al-Quran – Malang

Pondok pesantren terbaik yang terletak di Singosari kabupaten Malang ini, (±10 km utara kota Malang) adalah lembaga pendidikan kepesantrenan semi salaf. Didirikan oleh KH Bashori Alwi pada 1 Mei 1978. Sesuai dengan namanya, PIQ mempunyai spesialisasi dan prioritas pengajaran pada Al-Quran. Hal ini erat kaitannya dengan figur KHM. Basori Alwi sebagai seorang ahli ilmu tajwid, intelektual Al-Quran dan notabene pendiri Jam’iyyatul Qurro’ wal Huffadz, suatu lembaga yang banyak melahirkan intelektual Al-Quran di Indonesia.

PIQ Singosari Malang mampu membangun kepercayaan umat di dalam pengajaran dan pengembangan ilmu-ilmu agama. Hal itu dibuktikan dengan semakin banyaknya jumlah santri baik lokal maupun non lokal yang berasal dari luar kota (Jakarta, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, bahkan Irian Jaya) yang diikuti dengan pencapaian prestasi yang semakin meningkat, baik ketika mengikuti event-event tingkat regional maupun nasional. Bahkan alumni-alumninya banyak yang memegang peranan penting di masyarakat.

https://www.piqsingosari.com/

8. Pondok Pesantren Mambaus Sholihin Suci – Gresik


Pondok Pesantren Mamba’us Sholihin dirintis KH. Abdullah Faqih Suci sekitar tahun 1969 yang pada mulanya berupa surau kecil untuk mengaji AI-Qur’an dan Kitab Kuning di lingkungan desa Suci dan sekitarnya. Mamba’us Sholihin yang mengadopsi perpaduan sistem Salaf-Modern. Hal ini tak lepas dari pada Background Pengasuh Pesantren Al Mukarrom KH Masbuhin Faqih, yang merupakan alumni Gontor dan Langitan. Dengan semangat melestarikan kebaikan masa klasik, dan mengadopsi hal-hal baru yang lebih baik”, menjadikan Mamba’us Sholihin sebagai Pesantren yang cukup lengkap kurikulum pendidikannya, baik yang berupa pendidikan formal maupun non formal.

http://mambaussholihin.net/

9. Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan – Sumenep

Pondok Pesantren terbaik ini didirikan pada tahun 1952. Pondok Pesantren AL-AMIEN PRENDUAN diurus dan dikelola secara kolektif oleh beberapa Badan Pengurus yang terstruktur, sesuai dengan bidang tugasnya masing-masing. Badan-badan pengurus tersebut bekerja sesuai dengan prinsip-prinsip manajemen yang modern, efektif dan efisien tapi tetap berpijak pada bingkai visi dan misinya. Saat ini memiliki Institut Dirosat Islamiyah Al-Amien (IDIA) dengan dibukanya 3 jurusan baru, Pendidikan Bahasa Arab (Tarbiyah), Jurusan Tafsir Hadis (Ushuluddin) dan Jurusan Akidah Filsafat (Ushuluddin).

http://al-amien.ac.id/

10. Pondok Pesantren Nurul Jadid – Probolinggo

Pondok Pesantren Nurul Jadid didirikan oleh almarhum KH. Zaini Mun’im pada tahun 1950. Berlokasi di desa Karanganyar Kecamatan Paiton Kabupaten Probolinggo Jawa Timur. Membantu terbentuknya manusia yang beriman, bertaqwa, berakhlaqul al-karimah, berwawasan luas, berpandangan kedepan, cakap, terampil, mandiri, kreatif, memiliki etos kerja, toleran, bertanggung jawab kemasyarakatan serta berguna bagi agama, bangsa dan negara.

http://www.nuruljadid.net/

11. Pondok Pesantren Assalafi Al-Fitrah – Surabaya
 
Pondok pesantren terbaik dan favorit di Jawa Timur yang terakhir adalah Pondok Pesantren Al Fithrah. Didirikan pada tahun 1985, berlokasi di jalan Kedinding Lor 99 Surabaya. Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam era globalisasi dan informasi, serta guna memberikan landasan yang kuat dengan didikan yang bermoral, maka akhlak mulia sangat diperlukan untuk membentengi diri, keluarga khususnya anak-anak.


Meskipun tak banyak diliput media massa, nama Alm. KH Asrori Al-Ishaqi sudah tak asing lagi bagi masyarakat sekitar. Keteladanan beliau patut dicontoh oleh pemuda-pemudi generasi penerus bangsa, dalam perkembangannya sangat membutuhkan pendidikan agama Islam, guna melindungi diri dan kehidupannya, agar tidak terseret dalam arus globalisasi dan informasi yang menyesatkan. Sampai detik ini, Pondok Pesantren Assalafi Al-Fitrah, Surabaya masih dipercaya untuk mengayomi para santri dari penjuru Nusantara yang menimba ilmu di sana.

Selain daftar 11 pondok pesantren terbaik dan favorit di Jawa Timur yang telah disebutkan, tentunya masih banyak Ponpes lain yang belum diposting.
 
[sumber: mohlimo]

Baca Juga Artikel Terkait Lainnya
Comments
0 Comments